Jumat, 05 Desember 2014

Hoby yang Cukup Menguras Dompet

Aeromodelling
     Mungkin kata-kata ini masih sedikit asing untuk beberapa orang. apakah ada tau apa itu aeromodelling?.. aeromodelling adalah sejenis permainan remote kontrol yang serupa dengan mobil remote anak kecil namun perbedaannya adalah benda yang di kendalikan adalah sebuah pesawat atau helikopter yang mempunyai harga selangit. bagaimana tidak, aeromodelling yang paling murah saja bisa seharga 500 ribu. yang masih cukup mahal lah untuk kantong mahasiswa atau pelajar. namun dibalik harganya yang selangit terdapat sensasi yang beda dari pada biasanya. dengan memainkan aeromodelling kita bisa merasakan sensasi berada di belakang kokpit pesawat. Para peminat aeromodelling yang ingin memulai kegiatan ini dapat berkunjung atau menghubungi perkumpulan aeromodelling setempat atau yang terdekat untuk mendapatkan informasi-informasi dan bimbingan teknis. Disamping itu dapat juga diperoleh melalui massa baik cetak dan elektronik tentang kedirgantaraan pada umumnya dan aeromodelling pada khususnya.
      Apabila sudah didapat perkumpulan aeromodelling setempat, para peminat sedapat mungkin meyempatkan diri untuk menyaksikan peragaan penerbangan aeromodelling pada acara-acara latihan, demonstrasi dan pameran kedirgantaraan. Setelah itu biasanya peminat dapat menentukan jenis penerbangan model yang mana paling diminati, apakah yang bermotor atau tidak , terkendali atau tidak, Radio Control atau Control Line tentunya sesuai dengan kemampuan pengadaan bahan dan peralatan yang diperlukan.

Pada dasarnya peminat aeromodelling ini secara alami terbagi dalama 3 kategori:
1. mereka yang tergabung dalam kategori aeromodelling hanya untuk bersenang-senang (fun),
2. aeromodelling sebagai sarana menimba dan memperdalam ilmu pengetahuan serta,
3. aeromodelling sebagai sarana pencapaian prestasi olah raga kedirgantaraan.

     Pada umumnya kategori dua yang terakhir saling berhubungan erat dan konsisten dalam menjalankan kegiatan ini. Kegiatan aeromodelling tidak semata-mata mempersiapkan remaja untuk berprofesi dalam dunia dalam dunia penerbangan karena ada 2 pengaruh sosial yang pertama yaitu melatih ketekunan, kesabaran dan ketelitian serta menikmati keindahan , kedua mendapatkan nilai tambah/bekal untuk berkarier di dalam dunia penerbangan.

Jenis pesawat

Pesawat terbang model yang digunakan dalam berbagai kegiatan aeromodeling yang berbeda dapat ditempatkan dalam salah satu dari tiga kelompok:

1. Pesawat Free flight (F/F) terbang tanpa kontrol eksternal dari tanah. Jenis model pra-tanggal       berawak penerbangan.
2. Pesawat Control line (C/L) menggunakan kontrol kabel (biasanya dua) terkemuka dari sayap yang satu ke controller. Sebuah variasi dari sistem ini adalah model Round-the-tiang terbang (RTP).
3. Pesawat radio kontrol memiliki pemancar yang dioperasikan oleh controller, mengirimkan sinyal radio ke penerima dalam model yang pada gilirannya menggerakkan servo yang memanipulasi kontrol penerbangan model dalam cara yang mirip dengan pesawat berukuran penuh.

Gambar-Gambar beberapa Aeromodelling



Mobil RC (Remote Control)
     Kemajuan jaman juga mengiringi perkembangan dunia permainan anak-anak. Jika dahulu kita mengenal permainan sederhana seperti mobil-mobilan yang ditarik dengan tali atau dengan menggunakan pegas, lain lagi dengan mainan saat kini. Kemajuan jaman telah menghadirkan pengganti kedudukan mainan mobil remote control versi lama tersebut. Kehadiran permainan terbaru ini, tentu saja diterima dengan senang hati oleh anak-anak serta menjadi hal paling dicari dan paling diinginkan oleh mereka. Jadi jangan heran, ketika sedang berada di toko mainan, kita bertemu anak-anak sedang merengek kepada orang tuanya untuk dibelikan kendaraan ini.
    Kehadiran mobil remote control, juga dikenal dengan nama lain, mobil RC, selain dikenal hingga disukai oleh anak-anak juga digandrungi oleh orang dewasa. Bahkan dengan munculnya berbagai jenis, merk atau modelnya di pasaran, menjadikannya sebagai salah satu ladang bisnis bagi mereka yang jeli memanfaatkan kehadiran dan ketenaran dari mainan tersebut. Sebagai orang tua, bukannya tidak mungkin kita heran dan bingung ketika sang anak minta dibelikan mainan keren tersebut, terlebih lagi melihat jenis, model serta harganya yang terkadang diluar akal sehat.
    Mobil RC yang beredar di pasaran tergolong kepada jenis yang dapat difungsikan sebagai mainan, hobi ataupun sekaligus kedua-duanya. Fungsi mobil RC sebagai mainan, rata-rata memiliki harga cukup terjangkau dan memiliki kualitas standar. Remote control yang digunakan juga difungsikan dengan sumber tenaga berupa baterai sekali pakai, begitu pula sumber tenaga yang digunakan pada kendaraan tersebut. Ukuran baterai yang digunakan pun tergantung dari ukuran serta jenis mobil RC tersebut, bisa baterai berukuran kecil hingga besar. Pembekalan pada mainan ini kembali lagi kepada fungsi awalnya sebagai alat permainan saja, dengan waktu penggunaan terbatas dan tidak terlalu lama.
    Sedangkan mobil RC dengan fungsi sebagai hobi, tentu saja lagi memiliki harga, kualitas yang tinggi pula, serta dibekali fitur-fitur ekstra dimana tidak dimiliki oleh mobil RC jenis biasa. Penggunaan jenis sumber tenaga biasanya berasal dari berbagai sumber energi, seperti baterai jenis isi ulang, bahan bakar minyak hingga gas. Di luar negeri, kendaraan RC dengan bahan bakar bersumber dari minyak dan gas bukanlah hal aneh lagi, karena memang sumber daya akan bahan bakar tersebut mudah di dapatkan.
    Dikarenakan penggunaan jenis sumber energi atau bahan bakar, mobil RC jenis ini biasanya memiliki ukuran cukup besar karena memiliki tanki penyimpan sumber energi atau bahan bakarnya. Dengan penggunaan sumber energi, tentu saja jangka waktu penggunaanya cukup lama sehingga cocok digunakan untuk mereka dengan hobi besar terhadap mainan ini, karena mampu menempuh waktu dan jarak perjalanan panjang. Kekurangan dari jenis kendaraan RC untuk hobi ini adalah terdapat beberapa jenisnya yang menghasilkan gas buangan serta menghasilkan suara mesin cukup berisik. Sedangkan untuk penggunaan sumber energi dengan baterai isi ulang, rata-rata menghasilkan suara mesin tidak terlalu berisik dan tidak menghasilkan gas buangan apapun, sehingga ramah lingkungan.
    Model dan ukuran kendaraan remote control beredar di pasaran ada yang dapat dipergunakan pada jalanan biasa dan adapula untuk fungsi off-road. Perbedaannya terdapat pada penggunaan kualitas ban karena disesuaikan dengan medan penggunaannya. Untuk mobil pada medan jalanan biasa, rata-rata menggunakan jenis mobil sedan ataupun SUV mini. Sedangkan untuk medan off-road, mobil remote control yang digunakan rata-rata adalah jenis SUV besar, truk, jeep hingga hummer, dimana pada dunia nyata jenis kendaraan ini memang kebanyakan digunakan untuk fasilitas off-road. Kehadiran kendaraan RC ini juga turut menghadirkan kompetisi balapan untuk permainan ini dan menjadikannya sebagai ajang adu ketangkasan dan keahlian, dimana dapat disalurkan lewat alat pengendali kendaraan tersebut, yaitu remote control. Kompetisi balapan ini memang masih jarang ditemukan di Indonesia, tapi jika diluar negeri hal ini sudah menjadi hal biasa dan sering dilakukan pada event-event yang diadakan untuk merayakan hari-hari tertentu. Jika sang buah hati meminta dibelikan kendaraan RC ini, tidak ada salahnya membelikan jenis untuk mainan terlebih dahulu, agar kelak jika memang sang buah hati memiliki hobi dibidang ini, dapat dikembangkan dalam kompetisi-kompetisi yang diadakan.

# Jadi Hoby apa yang mungkin anda pilih? aeromodelling atau mobil RC. hanya anda yang bisa menentukan dan hanya anda yang tau kemampuan kocek anda. semakin mahal hoby maka semakin dalam pula kita merogoh kocek

0 komentar:

Posting Komentar