Sabtu, 03 Januari 2015

Persiapan Masuk TNI/POLRI

       Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia
Beberapa orang diantara teman-teman kalian atau mungkin anda pasti ada yang berminat untuk menjadi anggota tni/polri. nah apakah kalian sudah siap menghadapi tiap-tiap tahap seleksi?  bagi kalian yang belum paham apa saja yang harus di persiapkan untuk menghadapi tes. maka simak baik-baik ulasan saya kali ini.
   tni/polri biasanya mengdakan rekruitmen pada bulan-bulan tertentu, angkatan udara biasanya pada bulan januari atau mendekati, angkatan darat biasanya pertengahan tahun, angkatan laut biasanya pada bulan april, dan polisi biasanya pada bulan maret. namun semua itu masih belum pasti, untuk lebih jelasnya mungkin kalian bisa update infonya di www.penerimaan.polri.go.id untuk polisi dan www.rekrutmen-tni.ilmci.com.
nah sekarang kita akan mulai membahas tahapan-tahapan dalam tes, tahapannya adalah sebagai berikut.



- kesehatan
     ditahap ini sudah pasti yang akan diperiksa adalah kesehatan anda. ditahap ini ada dua kali penyaringan ditahap kes 1 yang akan diperiksa adalah bagian luar tubuh anda seperti telinga, mata, kulit, ambien, varises (seluruh varises dari varises dikaki hingga testis), tidak boleh cadel, buta warna, tinggi dan berat ideal, dan juga gigi.
     dites kedua yang akan diperiksa adalah bagian dalam tubuh kalian meliputi rekam jantung, paru-paru, kesehatan jiwa, dan juga darah.
untuk lolos dari itu semua jelas yang harus kalian jaga atau persiapkan adalah hal-hal yang sudah tercantum diatas. seperti jangan minum alkohol, jangan narkoba, jaga kesehatan mata dan kebersihan telinga, jaga pola hidup sehat tentunya. dan jika kalian bercita-cita menjadi anggota maka jangan sekali-kali anda mentato tubuh ada atau menindik telinga anda karena jika ada salah satu dari hal tersebut maka sudah dipastikan anda tidak akan lulus.

- psikologi
      ditahap psikologi yang akan dites adalah mental anda, minat dan bakat, kecermatan anda (biasanya menggunakan metode angka koran, angka hilang dan hurup hilang), kecerdasan anda dan mungkin masih banyak lagi.
     jika kalian ingin lulus dari tes ini maka sebaiknya anda membeli buku psikologi tni/polri yang banyak terjual di berbagai toko buku.

- akademik
     biasanya banyak orang yang menganggap sepele tes ini. namun tidak dipungkiri banyak juga yang telah gugur pada tahap ini. pada tes ini mayoritas yang keluar adalah soal-soal UN SMA. kalian pelajari saja soal-soal sma jurusan ipa dan ips kalau bisa. dan juga uud kepolisian kalian baca-baca juga

- kesamaptaan jasmani
     pada tahap ini yang kalian pesiapkan adalah fisik kalian. kalian harus bisa mencapai nilai dibatas-batas ini.
1. lari = pada waktu 12 menit kalian harus bisa mencapai lebih dari 6 putaran lapangan berukuran 400 m, atau harus menempuh jarak minimal 2400 m . pastinya semakin jauh jarak yang ditempuh maka semakin bagus nilainya.

2. pull up/restok = dites ini anda harus bisa naik lebih dari 5 kali, untuk penjelasan restok bagaimana dan cara benarnya seperti apa anda bisa searching di google.

3. sit up = pada tes ini yang harus kalian capai adalah sit up sebanyak 43 kali untuk nilai sempurna.

4. pull up = biasanya pada tes ini kalian mendapatkan nilai sempurna jika telah mencapai 41 kali.

5. shutlle run = pada tes ini kalian harus berlari membentuk angka 8 dengan cepat dan mencapai waktu minimal 18 detik sebanyak tiga putaran.

6. renang = pada tes ini yang harus kalian lawan hanya air, biasanya pada tes ini kalian hanya perlu bisa renang dari ujung ke ujung.

- wawancara
   dites ini alian hanya perlu menjawab dengan jujur dan juga cepat.

- pantukhir
disini kalian akan diranking lagi. semua nilai kalian yang telah kalian dapat dari awal akan di jumlah disini. yang tidak memenuhi kuota akan gugur dan jangan kaget bila dites terakhir ini masih banyak yang gugur. semoga bermanfaat ya.

17 komentar:

  1. kalau cadel memang ga bisa daftar tni pak ?

    BalasHapus
  2. Cadel ga bisa gitu? Langsung gagal?

    BalasHapus
  3. Iya klo cedal gk bisa ya pak?

    BalasHapus
  4. Kalo kita cadel ya gak masalah kalo kita coba dulu.. ..
    Aku aja kemarin coba dulu

    BalasHapus
  5. Klo cedal gak bisa masuk tah 😞

    BalasHapus
  6. Kalau cadel langsung gagal?😥 Aahh pupus sudah harapan ku ini😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak papa bang di coba dulu saya juga cadel

      Hapus
  7. Saya cadel. Apakah ini benar kalau cadel langsung gugur?

    BalasHapus
  8. Saya cadel dan sedang persiapan 2020..apa langsung gagal dalam tesnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pun cadel, mari kita coba dulu. Jangan langsung minder. Saya juga persiapan di th 2020

      Hapus
    2. Biar ga cadel gimanaa? Kasi tips dong

      Hapus
  9. Cadel itu anugrah dari tuhan, syukuri saja bila tuhan mengizinkan kita semua pasti lulus kok saya juga cadel tapi saya tetap optimis dn yakin bahwa saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar tni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar itu anugerah kalaau tuhan sudah menghendaki lulus apapun itu kekuranganya pasti itulah keajaiban.tuhan

      Hapus
  10. Setau saya,kalau cadel ringan masih bisa di maklum/pengurangan nilai, makanya tetap berusaha hilangin cadel pakai cara di ytb,saya jg dulu cadel parah, sekarang alhamdulillah bisa ngucap R tapi gak semua kata bisa,misal kata "polri" karena kata "lr" susah,dua duanya ke langit mulut,tetap semangat!

    BalasHapus